Senin, 12 April 2010

Si Bello lagi ngambek

Akhirnya setelah sekian lama meminang Bello, kemarin dia tiba-tiba gak mau diajak jalan-jalan... Tapi gak apapa.. mungkin ini cara biar tambah akrab lagi....

Problem:
Sabtu kemarin mau jalan2 pagi pake Bello, pas idupin mesin, cuman bunyi tek..tek..tek..., wah tekor nih aki. Coba dijumper deh minjem aki-nya jeng SRi, setelah dipasang kabel jumper-nya, hidupin lagi mesinnya...tetep gak ngangkat... hmmmmm... kabel jumpernya jelek... Aki si Bello dicopot, ganti pake aki jeng SRi, coba hidupin lagi mesinnya....jreeenggg...mesin hidup dengan sukses... Bener ternyata aki si Bello tekor..

Balikin lagi aki seperti semula, coba dijumper lg, msein gak hidup. Akhirnya didorong.. mesin hidup.. didiamkan beberapa lama buat nge-charge aki. Setelah dirasa cukup, tes matiin mesin, coba start lagi... tek..tek..tek... mesin gak mau hidup...Waduh aki gak ngisi tersangka utama alternator.

Cek-cek kabel siapa tau ada yang kendor, trus hidupin lagi mesinnya... setelah hidup, coba cabut kabel dari aki..setelah beberapa detik, mesin mati, berarti gak ada arus dari alternator.....

Kesimpulan sementara:
Tersangka utama Alternator, alasan:
- Gak nge-charge ke aki
- Klo dalam keadaan mesin hidup, kabel dari aki dicabut, seharusnya bila kondisi alternator bagus, mesin tetap hidup (CMIIW)

Penyelesaian masalah:
Belum ada, nunggu libur minggu besok buat utak atik lagi....

........Minggu yang ditunggu akhirnya tiba.......

Setelah menunggu seminggu, hari Sabtu utak atik Bello lagi. Tersangka utama tetap alternator. Untuk meyakinkan coba dilakukan beberapa tes lagi. Oh ya tidak lupa, malam sebelumnya charge aki semalaman.....

- Ukur voltase dikepala aki, kondisi mesin mati, didapat nilai 12.9v. Lalu hidupkan mesin, ukur lagi voltase di kepala aki, didapat nilai 12.4v. Hmmm nilainya turun...berarti memang ada masalah. Seharusnya nilai yang didapat minimal sama atau lebih besar dari pengukuran pertama.

- Tes medan magnet di pulley alternator, dengan cara mendekatkan obeng (besi) ke pulley alternator pada saat kontak diposisi on. Ternyata tidak ada tarikan magnet.

Ok lah klo begitu... yakin memang alternator yang bermasalah. Hidupkan mesin, bawa bello ke tukang service alternator dekat rumah. Setelah dicek, ternyata short digulungan dinamo-nya. Akhirnya digulung ulang. Butuh waktu total 4 jam untuk proses gulung ini. Setelah selesai, dirakit kembali, plus sekalian ganti arang. Alternator dipasang kembali. Cek pengisian...OK.. Cek magnet...OK... Alhamdulillah....sembuh deh penyakitnya...

DC = 210rb (40rb jasa + 160rb gulung + 10rb arang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar